Profil Desa

Pasar Mbatok Kemuning

7 April 2022


Kuliner tradisional Kabupaten Karanganyar tersaji dengan tata layanan kearifan lokal di Pasar Mbatok, Dusun Badan, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso. Suasana tempo dulu di pasar ini menjadi daya tarik destinasi wisata tematik. 

Di Pasar Mbatok, para pedagang mengenakan baju lurik, kebaya, dan asesori khas tradisi masyarakat Jawa tempo dulu. Memasuki pasar ini, pengunjung langsung dijamu musik gamelan yang mengalun lembut.

Lapak-lapak terbuat dari bambu beratap rumbia, menyajikan aneka menu. Pasar mbatok juga dilengkapi panggung utama untuk berbagai pagelaran seni atau acara desa. Pengunjung dapat memilih kuliner dari daftar menu yang terpampang di gapura. Yakni gethuk, cucur, embang, klepon, tiwul, cenil dumbek, dawet, legen, gerabah, sega jagung dan sebagainya. 

Terdapat 27 lapak di Pasar Mbatok. Semua penjualnya terdiri dari ibu rumah tangga yang tinggal di sekitarnya. Selama setahun berjualan sejak 2019, mereka buka tiap dua pekan sekali pada Sabtu-Minggu. Ide seperti didapatnya dari Pasar Papringan Temanggung yang berkonsep sama. 

Keberadaan pasar di antara rimbunan pohon, kian menambah kesan asri dan alami. Pengunjung semakin betah berkeliling pasar, membeli jajanan kemudian menyantapnya di atas bangku bambu sembari melihat aktivitas pasar di tengah permukiman pedesaan.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi