Profil Desa

Kunjungan Kemendes PDTT di Desa Kemuning

13 June 2021


Selama 2 pekan berturut-turut Desa Kemuning mendapatkan kunjungan dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Maksud dan tujuan kunjungan dari Kemendes PDDT ini adalah melihat perkembangan Smart Village Nusantara yang ada di Desa Kemuning, untuk dijadikan percontohan bagi desa lain di Indonesia mengingat Program Digitalisasi Desa adalah salah satu prioritas penggunaan Dana Desa.

Kepala Desa Kemuning Widadi Nur Widyoko menjelaskan banyak hal mengenai perkembangan dan maanfaat yang dirasakan dengan adanya Smart Village Nusantara Desa Kemuning yang mencakup Smart Government, Smart Economy dan Smart Society

Tentunya masih ada beberapa kekurangan dan perlu optimalisasi dalam implementasi Smart Vilage Nusantara ini, Kepala Desa Kemuning menjelaskan, selain dengan Program Inkubasi dari PT.Telkom Indonesia ini, Pemerintah Desa Kemuning akan melakukan optimalisasi dengan menggunakan anggaran Dana Desa agar Smart Village Nusantara ini bisa lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Desa Kemuning akan menambahkan cctv, pengadaan e-Poss untuk loket wisata dan mengadakan beberapa pelatihan guna mendukung kebutuhan warga khususnya untuk pemulihan ekonomi.

Kedatangan Tim dari Kemendes PDTT di Desa Kemuning di dampingin oleh Tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karanganyar, Pendamping Dana Desa Kabupaten Karanganyar dan Kecamatan Ngargoyoso dan juga Seksi PMT Kecamatan Ngargoyoso.

Dalam rangkaian acara ini Kepala Desa Kemuning juga menyampaikan permohonan bantuan kepada Kemendes PDTT untuk digitalisasi 8 desa lain di Kecamatan Ngargoyoso agar 9 Desa bisa saling terkoneksi dan perputaran ekonomi di masyarakat bisa segera terasa manfaatnya.



Bagikan berita ini


Berita Lainnya

Telkom Living Lab Smart City Nusantara
Jl. Gunung Sahari Raya No.53, Jakarta Pusat
Living Lab Smart City Nusantara
 
© 2020, Smart Village Nusantara. Hak Cipta Dilindungi